KOMPUTER DAN PENDIDIKAN
1. Perubahan Pola Pendidikan
Memasuki abad ke-21
perubahan pada dunia pendidikan cenderung terjadi, hal ini disebabkan oleh
munculnya inovasi dunia pendidikan yang terus berkembang.
B. Uno pada tahun 2010
berkata bahwa pendidikan terutama di Indonesia akan mengarah kepada hal berikut
:
a. Mulai
dikembangkannya pendidikan secara terbuka, seperti saat ini berlakunya kampus
merdeka dalam menjalankan proses belajar mengajar.
b. Sharing resource dimana adanya kegiatan
yang dilakukan bersama antara lembaga pendidikan dengan sekelompok perpustakaan
yang tergabung dalam sebuah jaringan yang memiliki tujuan mengurangi biaya
pengembangan koleksi dan meningkatkan layanan.
c. Penerapan
teknologi multimedia terbaru untuk menggantikan teknologi lamanya, seperti
televisi atau radio.
Perkembangan teknologi
dan informasi mempunyai pengaruh besar terhadap dunia pendidikan. Perubahan
pada metode pendidikan yang disebabkan oleh perkembangan teknologi dan informasi
misalnya metode kegiatan belajar mengajar jarak jauh. Selain kegiatan belajar
mengajar jarak jauh, mahasiswa dapat mengecek nilai, biaya kuliah, jadwal
kuliah, ataupun tugas. Kemudahan dalam dunia pendidikan yang disajikan oleh
perkembangan TIK ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta keterampilan
siswa maupun mahasiswa.
Pemanfaatan teknologi
pembelajaran jarak jauh disebut sebagai Elearning. Metode belajar ini merupakan
proses belajar mengajar secara online. Peserta didik dapat belajar mandiri
berbasis kreativitasnya masing-masing yang dilakukan melalui E-learning
dimanapun dan kapapun mereka dapat mengaksesnya asal terhubung dengan jaringan.
E-learning diharapkan dapat membuat siswa lebih mengeksplorasi kemampuan mereka
dan ilmu pengetahuan mereka.
2. Platform Pembelajaran Online
Saat ini dengan adanya
pandemic Covid-19, masyarakat tidak boleh melakukan perkumpulan dan belajar
mengajar dilakukan semua secara daring atau online. Tentu saja hal ini sangat
mengganggu kelancaran kegiatan proses belajar mengajar yang sedianya rutin
diadakan 5 sampai 6 kali setiap minggu. Maka untuk menghindari hal tersebut,
metode kegiatan belajar mengajar jarak jauh sangat memungkinkan untuk
dilaksanakan. Kegiatan belajar mengajar jarak jauh ini menggunakan jaringan
internet. Metode tersebut yaitu E-learning. Keuntungan dari E-learning misalnya
sumber ilmu atau sumber pengetahuan dapat dari siapa saja yang mau membagikan
ilmunya yang ada dari berbagai belahan dunia. Dalam proses belajar menggunakan
metode e-learning, peserta didik dapat berinteraksi dengan pakar, baik itu
melalui email, mailling list, news group, world wide web (www), serta
memanfaatkan fasilitas seperti: e-book, elibrary.
Berberapa aplikasi atau
platform yang menyediakan metode pembelajaran secara e-learning antara
lain sebagai berikut :
a.
Microsoft Office 365
Dalam aplikasi ini
menggunakan email dengan domain dari sekolah. Microsoft memberikan kemudahan
untuk dapat mengakses secara realtime aplikasi seperti MS.Word, Ms. Excel,
Power Point, dan sebagainya.
Kelebihannya antara lain :
1)
Fitur selalu up to date dan diperbaharui tanpa
biaya tambahan.
2)
Hasil kerja dapat disimpan pada cloud storage
OneDrive 1TB.
3)
Dapat menyimpan data kapan saja dan dari mana
saja karena mendapatkan bonus 1TB cloud storage.
4)
Dapat fasilitas free call skype selama 60 menit
setiap bulan.
5)
Dapat diakses lebih dari 1 PC.
6)
Dapat dukungan penuh dari office melalui chat,
email dan telepon.
Kekurangan aplikasi microsoft office 365 :
1)
Harus berlangganan dan membayar biaya langganan sesuai
ketentuan pihak microsoft office 365.
2)
Harus selalu terhubung dengan internet agar mendapatkan
update fitur.
b.
Aplikasi Ruang Guru
Aplikasi Ruang guru
sering beredar di komersial televisi, mereka banyak menggencarkan
program-program belajar secara online melalui bimbingan online-nya. Layanan
kelas virtual, video belajar berlangganan, platform ujian online, marketplace
les privat, serta materi-materi pendidikan lainnya merupakan fitur aplikasi ini
yang bisa diakses melalui web dan aplikasi.
Kelebihan aplikasi Ruang Guru :
1)
Penampilan menarik.
2)
Materi belajar yang cukup lengkap.
3)
Tampilan dan kualitas video yang bagus.
4)
Pembelajaran tidak membosankan siswa karena
siswa cukup menonton saja.
5)
Tersedia rangkuman materi yang mudah dipahami.
6)
Terdapat kuis dalam video yang dapat membantu
penyerapan materi oleh siswa.
7)
Fitur latihan soal yang dapat membantu
penyerapan materi oleh siswa.
8)
Terdapat sosial media yang mendukung interaksi
antar siswa.
9)
Terdapat tutor online dan kelas belajar
streaming.
10) Terdapat
konseling gratis.
Kekurangan aplikasi Ruang Guru :
1)
Volume bantuan suara terlalu tinggi.
2)
Antarmuka masih tampak terlalu ramai.
3)
Penyampaian video terlalu childish untuk siswa SMA.
4)
Terlalu banyak iklan promosi yang muncul.
c.
Rumah Belajar
Adalah aplikasi yang
dapat digunakan oleh siswa untuk belajar online, yang dibuat dan dikembangkan
oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dengan memanfaatkan
teknologi, siswa memiliki alternatif lain untuk tetap belajar karena aplikasi ini
juga menyediakan berbagai sumber ilmu pengetahuan. Fitur yang ada pada aplikasi
ini sama seperti kelengkapan sekolah dalam bentuk online. Aplikasi ini dapat
digunakan secara gratis. Aplikasi rumah belajar bisa diakses di laman
belajar.kemendikbud.go.id melalui mobile maupun PC.
Kelebihan aplikasi rumah belajar adalah :
1)
Berbagai macam konten yang dibuat sangat
menarik.
2)
Bisa digunakan secara offline maupun online.
3)
Dilengkapi dengan tujuan pembelajaran yang
jelas.
4)
Sangat interaktif.
5)
Gratis.
6)
Menampilkan nilai hasil kerja siswa sehingga
siswa makin tertantang.
7)
Terdapat penjelasan soal-soal yang dapat
dipelajari siswa.
8)
Terdapat percobaan untuk mata pelajaran
matematika dan tidak hanya untuk mata pelajaran IPA.
9)
Semua planet dapat diexplore pada wahana antariksa.
10) Diklat
online menyenangkan.
11) Terdapat
diklat di berbagai daerah yang diupdate.
12) Diklat
untuk memperkaya keprofesional para pendidik.
13) Guru
diberi kebebasan untuk mengkreasi kelas semenarik mungkin.
14) Penilaian
tugas, kuis dan latihan yang menarik.
15) Aplikasi
mudah dipahami.
Kekurangan aplikasi rumah belajar adalah :
1)
Materi belum semuanya tersedia.
2)
Terbatasnya pilihan buku yang dapat diunduh.
3)
Sulit menuliskan soal pada bank soal.
4)
Bank soal belum terlink ke kelas maya.
5)
Masih terbatasnya jumlah percobaan pada fitur
laboratorium.
6)
Tidak semua budaya disajikan pada peta budaya.
7)
Web sangat berat pada saat membuka fitur
antariksa.
8)
Tidak semua diklat bisa diikuti, khususya diklat
yang berada di luar daerah.
9)
Sulit menulis jawaban pada kelas maya yang
melibatkan equation.
10) Kelas
maya belum terlink ke bank soal.
d.
Meja Kita
Aplikasi belajar online
meja kita memiliki fasilitas ruang diskusi untuk interaksi antara siswa dan
guru mereka. Materi pembelajaran yang disediakan oleh aplikasi meja kita yaitu
materi jenjang pendidikan SD sampai SMA. Untuk mengakses materi pembelajaran di
meja kita tidak dipungut biaya. Terdapat banyak catatan yang diupload oleh
siswa lain sehingga memperbanyak materi pembelajaran. Siswa dapat belajar dari
rumah dan sangat mendukung program pemerintah yang mewajibkan siswa belajar
dari rumah pada saat pandemik untuk mengurangi penyebaran virus corona.
Kegiatan diaolog, mengerjakan tugas serta sharing pengetahuan atau catatan
masih bisa dilakukan apabila menggunakan aplikasi ini meskipun diharuskan untuk
belajar dari rumah.
Kelebihan aplikasi meja kita adalah :
1)
Siswa bisa bertukar catatan atau rumus dengan
siswa lain yang berbeda sekolah maupun yang berbeda daerah.
2)
Terdapat fitur diskusi antara siswa.
3)
Mendapatkan penghasilan tambahan bagi siswa yang
bisa menjawab pertanyaan siswa lain atau siswa yang membagikan catatannya ke aplikasi meja kita.
Kekurangan aplikasi meja kita adalah :
1)
Penggunaan aplikasi meja kita mengarah ke bisnis
atau bersifat komersial karena terdapat fitur yang bayar dan membayar.
2)
Rentannya menyontek jawaban siswa lain dalam
mengerjakan suatu soal.
e.
Edmodo
Aplikasi ini
mengutamakan privasi seorang siswa. Pada awalnya edmodo merupakan platform
mikroblogging pribadi yang kemudian dikembangkan untuk kegiatan proses belajar
mengajar siswa dan guru. Pertukaran catatan, dokumen dan tautan bisa dilakukan
antara guru dengan siswa. Pada aplikasi ini juga seorang guru bisa memberikan
tugas, peringatan serta acara kepada siswa dan guru lainnya.
Kelebihan aplikasi edmodo :
1)
Tampilan sederhana sehingga memudahkan pengguna.
2)
Dapat membagikan file dengan format PDF, pptx,
swf, html, dan sebagainya.
3)
Hadir dalam bentuk aplikasi yang dapat dibuka
pada smartphone.
Kekurangan aplikasi edmodo :
1)
Tidak terintegrasi dengan berbagai jenis sosial
media.
2)
Hanya tersedia dalam bahasa inggris.
3)
Tidak memilki fasilitas video conference.
f.
Moodle
Moodle merupakan
platform website untuk e-learning, dimana para siswa mendapatkan pembelajaran
yang telah disediakan dalam kelas digital. Seorang guru bisa membuat materi
pembelajaran, serta tugas kepada siswa.
Kelebihan aplikasi moodle :
1)
Networking dan Security-nya yang dapat diatur
sendiri.
2)
Ruang akses dapat dibatasi dengan jaringan yang
dibuat dan dapat memiliki hak akses masing-masing.
3)
Sistem pembelajaran dapat disesuaikan oleh
kebutuhan pengguna.
4)
Fitur cukup lengkap dan baik untuk proses
pembelajaran jarak jauh.
5)
Proses customize yang mudah dan banyak.
6)
Terdapat fitur lesson yang sangat fleksible
sehingga mempermudah guru dan dosen untuk mengajarkan sebuah materi.
Kekurangan aplikasi moodle :
1)
Harus memiliki pemahaman tentang sistem pada
moodle.
2)
Perlunya tenaga ahli sebagai administrator untuk
pemeliharaan aplikasi dan pembangunan sistem e-leaningnya.
3)
Membutuhkan perangakat yang cukup mahal dalam
penggunaannya.
g.
SEVIMA EdLink
Aplikasi ini membantu mahasiswa dan dosen untuk berbagi
materi kuliah, tugas serta file lainnya dengan mudah. Dosen bisa membuat forum
diskusi, memberikan tugas kepada
mahasiswa. Mahasiswa bisa
memberikan pesan pribadi serta memberikan file kepada dosen maupun mahasiswa
lainnya.
Kelebihan aplikasi SEVIMA EdLink :
1)
Terdapat fitur reminder jadwal perkuliahan
sehingga pengguna tidak ketinggalan materi.
2)
Terdapat fitur diskusi kelas.
Kekurangan aplikasi SEVIMA EdLink :
Aplikasi sangat tergantung pada kecepatan internet.
h.
Google Classroom
Pemberian dan
penyelesaian tugas pada aplikasi ini bisa dilakukan melalui google drive. Pada
aplikasi ini pemberitahuan disampaikan melalui gmail.
Kelebihan aplikasi gogle classroom :
1)
Mudah digunakan oleh pemula sehingga proses belajar
mengajar lebih efisien.
2)
File tersimpan di dalam google drive sehingga tidak ada
kekhawatiran file hilang.
Kekurangan aplikasi google classroom :
1)
Tampilan kurang menarik.
2)
Waktu pengiriman tugas dapat diatur, sehingga masih
terdapat siswa yang sengaja mengatur waktu terlambat dalam pengumpulan tugas.
i.
Kelas Kita
Aplikasi ini
memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan pengguna lain karena memiliki
fitur sosial. Kelas kita bisa digunakan untuk membagi materi belajar formal,
meningkatkan kemampuan serta keahlian dengan cara berbagi materi pembelajaran.
Kelebihan aplikasi kelas kita :
1)
Siswa dapat memilih kelas sesuai minat sendiri.
2)
Terdapat fitur sosial media sehingga siswa bisa
berinteraksi.
3)
Dapat digunakan oleh berbagai kalangan.
4)
Aplikasi gratis.
5)
Kelas dapat diatur menjadi kelas umum maupun kelas
khusus.
6)
Dapat penghasilan tambahan dari hasil kontribusi ikut
membuat kelas gratis.
7)
Dapat sertifikat digital.
Kekurangan aplikasi kelas kita adalah :
Penggunaan aplikasi kelas kita bisa
mengarah ke bisnis atau bersifat komersial karena terdapat fitur yang bayar dan
membayar.
3. Dampak Metode Pembelajaran Online Terhadap
Dunia Pendidikan
Dalam dunia
pendidikan, pemanfaatan teknologi juga berdampak positif maupun berdampak
negatif bagi siswa :
a.
Dampak positif.
1)
E-learning bisa
dijadikan metode pembelajaran informal.
Pada era perkembangan
ilmu teknologi dan informasi saat ini, elearning sudah digunakan hampir lebih
dari 75% dalam pembelajaran yang berbentuk informal. Hal ini mengubah pemikiran
umum sebelumnya yang mana e-learning dianggap sebagai metode belajar formal
semata, misalnya untuk belajar atau kursus tertentu. E-learning bisa
dikategorikan ke dalam metode pembelajaran informal karena banyak yang terlibat
dalam metode belajar ini, mengalami masalah dalam beraktifitas sehari-hari
sehingga menggunakan metode pembelajaran online adalah pilihan yang cocok.
2)
Dapat mengakses ilmu dari banyak sumber.
Terdapat banyak sumber
ilmu pada metode belajar E-learning, baik konten maupun manusia. E-learning
yang merupakan sebuah aktivitas menggunakan media sosial yang menyediakan
pengalaman serta pengetahuan baru melalui komunitas online sesama pengguna.
Dengan menggunakan metode belajar e-learning maka banyak kesempatan semua orang
untuk saling belajar. Dalam prosesnya, elearning akan menumbuhkan interaksi
sesama pengguna.
3)
E-learning mendukung pembelajaran kelompok
Metode belajar
e-learning sangat mendukung belajar kelompok. Hal ini menyebabkan semua anggota
dalam group e-learning bisa belajar bersama dimanapun berada. Pada saat belajar
menggunakan elearning, semua anggota kelompok bisa mengikuti belajar kelompok
dari tempat masing-masing dengan cara online.
4)
Efisien dalam menggunakan waktu.
Metode belajar
e-learning sangat efisien dalam penggunaan waktu. Pada metode belajar tatap
muka, seorang guru akan menjelaskan terlebih dahulu materi kepada siswa dimana
proses ini akan menyita cukup banyak waktu. Sedangkan dengan adanya proses
e-learning mampu mempersingkat waktu tersebut hingga 70%.
5)
Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan.
Biaya yang digunakan
pada metode pembelajaran e-learning sangat murah dibandingan metode tatap muka.
Metode pembelajaran elearning tidak membutuhkan biaya transportasi untuk menuju
tempat belajar.
6)
Kemudahan mengakses materi belajar.
Materi pembelajaran
pada metode e-learning dapat diakses oleh seseorang kapan saja dan dimana saja
saat membutuhkannya. Namun dengan persyaratan materi tersebut belum dihapus
oleh guru.
7)
Menjangkau wilayah geogafis yang luas.
Jaringan internet yang
luas sangat mendukung metode belajar e-learning yang digunakan. Sehingga suatu
kelas dapat dikuti oleh siswa dari manapun berada tanpa dibatasi oleh jarak dan
geografis tertentu.
8)
Siswa lebih mandiri.
Pada proses
pembelajaran menggunakan metode e-learning, para siswa tidak didampingi secara
langsung oleh guru. Oleh sebab itu siswa akan dilatih dan harus mampu untuk
bisa lebih mandiri dalam belajar. Pada prosesnya, siswa lebih berperan aktif
dibandingkan dengan guru.
9)
Siswa diberi kebebasan untuk berkreasi.
Siswa diberi kebebasan
untuk berkreasi. Siswa bebas
mengaplikasikan cara belajar masing-masing.
b.
Dampak negatif
1)
Kuranganya interaksi.
Metode belajar
e-learning yang bersifat online dan dari jauh serta dari tempat masing-masing siswa menyebabkan
berkurangnya interaksi sehingga hal ini bisa membuat siswa kesulitan untuk
bersosialisasi dengan lingkungan luar.
2)
Mengabaikan aspek sosial.
Pembelajaran dengan
metode e-learning, membuat siswa lebih terdorong ke aspek komersial dan bisnis
dibandingkan aspek sosial dan akademiknya. Hal ini terjadi karena pada
prosesnya siswa hanya berpaku pada materi belajar tanpa melakukan interaksi
dengan siswa lainnya.
3)
Proses belajar cenderung kearah pelatihan dari pada
pendidikan.
Pada proses belajar
dengan metode e-learning, siswa lebih terarah ke bentuk pelatihan dari pada
pendidikan. Hal ini disebabkan siswa cenderung menerima materi latihan dan
arahan-arahan dibandingkan dengan pendidikan biasa yang diterima langsung dari
guru.
4)
Penambahan tugas untuk pendidik.
Pendidik dituntut
untuk belajar mulai dari dasar cara mendidik menggunakan teknologi informasi
dan komunikasi. Hal ini sangat mengganggu kemajuan proses belajar mengajar
dibandingkan dengan metode tatap muka sebelumnya. Pendidik harus benar-benar
menguasai terlebih dahulu teknik mengajar metode e-learning, yang mana hal
tersebut menyita waktu. Berbeda dengan metode tatap muka yang sebelumnya sudah
dikuasai oleh pendidik.
5)
Cenderung gagal bagi siswa yang bermotivasi rendah.
Siswa cenderung gagal
dalam metode belajar ini apabila tidak ada motivasi serta semangat dari diri
siswa itu sendiri. Pada metode belajar e-learning proses belajar siswa akan
berada di luar pengawasan pendidik. Hal ini akan berdapak buruk bagi siswa yang
semangat dan motivasi rendah.
6)
Tergantung pada jaringan internet.
Salah satu syarat
utama agar proses belajar-mengajar metode e-learning bisa tercapai adalah harus adanya jaringan internet. Tanpa
jaringan internet maka seorang siswa tidak akan bisa mengakses elearning. Hal
ini yang menjadi penghalang bagi siswa yang berada di daerah yang tidak
terjangkau internet.
7)
Keterampilan menggunakan internet yang belum cukup
Peserta didik dan
pedidik harus bisa menguasai dan memahami cara menggunakan internet dan
teknologi pendukung agar dapat melakukan belajar mengajar menggunakan metode
e-learning.
8)
Kurangnya keterampilan komunikasi siswa.
Proses belajar
e-learning yang terus
menerus akan menyebabkan keterampilan komunikasi siswa berkurang.
Siswa yang hanya berinteraksi dengan siswa lainnya melalui perantara tanpa
berinteraksi langsung. Hal ini tidak bisa mengembangkan keterampilan komunikasi
seorang siswa sehingga seorang siswa akan kesulitan berkomunikasi apabila
berinteraksi dengan orang lain di dunia nyata.
9)
Berkurangnya praktik nyata.
Pada umumnya metode
e-learning lebih banyak memberikan teori dibandingkan praktek. Sedangkan untuk
prakteknya sangat mustahil dilakukan karena pada saat belajar siswa tanpa
didampingi oleh pendidik.
1.
Buatlah tutorial untuk menggunakan aplikasi
pembelajaran online!
2.
Jelaskan kelebihan dan kekurangan antara
platform penyedia layanan pembelajaran secara online!
3. Apa saja yang harus dipersiapkan dan menjadi perhatian khusus saat melakukan pembelajaran secara online?
jawab :
1. Tutorial Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Online
Menggunakan aplikasi pembelajaran online bisa sangat bermanfaat. Berikut adalah langkah-langkah untuk memanfaatkannya:
Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi
Buka toko aplikasi pada perangkat Anda (Google Play Store untuk Android, App Store untuk iOS).
Cari aplikasi pembelajaran online yang diinginkan (contoh: Google Classroom, Zoom, Microsoft Teams).
Klik "Unduh" atau "Pasang" dan tunggu hingga proses selesai.
Langkah 2: Membuat Akun atau Masuk
Buka aplikasi yang telah diunduh.
Pilih opsi untuk membuat akun baru atau masuk dengan akun yang sudah ada.
Isi informasi yang diperlukan atau masukkan akun dan kata sandi yang sudah ada.
Langkah 3: Bergabung dengan Kelas atau Pertemuan
Jika Anda seorang siswa, masuk ke akun dan temukan opsi "Bergabung dengan Kelas" atau "Masuk ke Kelas".
Masukkan kode kelas atau tautan yang diberikan oleh guru.
Jika Anda seorang pengajar, buat kelas atau pertemuan dan bagikan tautan atau kode kepada siswa.
Langkah 4: Ikuti Instruksi dan Materi
Setelah bergabung, ikuti instruksi dari pengajar atau navigasi pada antarmuka aplikasi.
Akses materi pembelajaran, tugas, atau pertemuan yang telah dijadwalkan.
Langkah 5: Terlibat dan Berpartisipasi
Ajukan pertanyaan atau berpartisipasi dalam diskusi jika dimungkinkan.
Kirim tugas atau jawaban melalui aplikasi jika ada.
Langkah 6: Manfaatkan Fitur Tambahan
Manfaatkan fitur-fitur tambahan seperti obrolan, forum, atau alat kolaborasi (jika tersedia).
2. Kelebihan dan Kekurangan Platform Pembelajaran Online
Kelebihan:
Akses Fleksibel: Memungkinkan akses pembelajaran dari mana saja, kapan saja.
Materi Terrekam: Beberapa platform memungkinkan rekaman kelas untuk diakses kembali.
Pemantauan dan Evaluasi: Memberi kesempatan bagi pengajar untuk memantau dan mengevaluasi kemajuan siswa.
Kekurangan:
Keterbatasan Interaksi Fisik: Keterbatasan dalam interaksi sosial dan fisik langsung.
Membutuhkan Koneksi Internet: Membutuhkan akses internet yang stabil untuk mengakses platform.
Kesulitan dalam Fokus: Siswa mungkin kesulitan mempertahankan fokus dalam lingkungan online.
3. Persiapan dan Perhatian Khusus untuk Pembelajaran Online
Persiapan:
Koneksi Internet yang Stabil: Pastikan Anda memiliki akses internet yang stabil.
Perangkat yang Diperlukan: Persiapkan perangkat seperti komputer, tablet, atau smartphone.
Ruangan yang Tertata dan Tenang: Pilih ruangan yang bebas dari gangguan dan nyaman untuk belajar.
Perhatian Khusus:
Jadwal yang Teratur: Tetapkan jadwal rutin untuk pembelajaran online.
Partisipasi Aktif: Aktif dalam kelas, bertanya pertanyaan, dan berpartisipasi dalam diskusi.
Mengelola Gangguan: Atasi gangguan potensial dan ciptakan lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran.
D. REFERENSI
Aspray, W. (2019). Historical Studies in Computing,
Information, and Society Insights from the Flatiron Lectures. Switzerland:
Springer.
Baghdadi, Y., &
Harfouche, A. (2019). ICT for a Better
Life and a Better World The Impact of Information and Communication
Technologies on Organizations and Society. Switzerland: Springer.
Christiansen, M. A.,
& Weber, J. M. (2017). Teaching and
the Internet The Application of Web Apps, Networking, and Online Tech for
Chemistry Education. Washington: American Chemical Society.
Gauld, R. G. 2010. Do they want it? Do they use it? The
demand-side of egovernment in Australia and New Zealand. Government Information
Quarterly, 177-186.
Kase, J. (2010). Perencanaan Strategis Sistem Informasi (SI)
Pada Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan. Tesis, Universitas Gadjah
Mada.
Sara.Hofmann, M. R. .2012. Identifying.Factors.Of.E-Government Acceptance –
A.Literature.Review. Thirty.Third International
Conference.on.Information.Systems,
(pp. 1-19). Orlando.
Setiawan, P. (2020). Pengertian
E-learning Pengertian E-learning Menurut Para